Senin, 20 Mei 2013

BINTEK PEMELIHARAAN JARINGAN DAN KOMPUTER 2013




Ini menjadi momen langka bagi saya, karena mendapat kesempatan untuk mengikuti Bimbingan Teknis Pemeliharaan Jaringan dan Komputer (BTPJK) di Makassar Sulawesi Selatan tepatnya di hotel Swiss Belinn Panakukang. Ini kesempatan pertama saya setelah ditunjuk sebagai Supervisor di KPPN Bojonegoro. Biasanya BTPJK selama ini diadakan di Bandung dan sekitarnya yang diikuti oleh KPPN dan Kanwil Ditjen Perbendaharaan seluruh Indonesia, yang diselenggarakan atas kerjasama antara Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan Telkom PDC mulai tanggal 8 sampai dengan 12 April 2013. 

Kenapa kok di Makassar apa tidak pemborosan ? Ternyata tidak. Karena pelaksaan BTPJK Tahun Anggaran 2013 diadakan di dua tempat, untuk Indonesia barat tahap I diadakan di kota Bandung sedangkan Indonesia Timur (+ Jatim dan Kaltim) tahap II di Makassar. Menurut narasumber yang saya wawancarai, ini adalah atas prakarsa/anjuran Direktur Jenderal Perbendaharaan untuk menekan biaya kegiatan ini. Konon bisa menghemat anggaran sekitar 25%. Bayangkan kalau penyelenggaraannya di satu tempat dan diikuti oleh peserta dari Aceh sampai Papua, anggaran yang dikeluarkan pasti lebih besar. 

Dan menurut penulis selain penghematan anggaran ternyata juga pemerataan (ekonomi) perputaran uang, paling tidak meningkatkan pendapatan penduduk di kota yang ditempati. Mulai dari transportasi (becak, petepete/angkot, sampai taxi), kuliner, toko oleh-oleh/souvenir juga tempat wisata. Semoga ini menjadi awal pembagian wilayah untuk pelaksanaan kegiatan di Direktorat Jenderal Perbendaharaan berikutnya.
Itulah ulasan non teknis saya tentang pelaksanaan BTPJK, untuk berita resminya kunjungi http://www.perbendaharaan.go.id/new/?pilih=news&aksi=lihat&id=3134

Tidak ada komentar: