Sabtu, 19 Desember 2009

Borneo Equator Expedition 2009

Borneo Equator Expedition 2009

05/12/2009

Oleh: Fisca Galih

Sesuai dengan judul kegiatan nya Borneo Equator Expedition merupakan tantangan melalui garis katulistiwa yang dimulai dari Kalimantan Barat ke Kalimantan Timur.

Gw terbang menuju Pontianak untuk melihat persiapan akhir para pserta Borneo Equator Expedition (BEE) 2009 yang diikuti oleh 30 Mobil, 6 Motor dan 1 UTV peserta asal Amerika.

Peserta asal Australia, Karen, merupakan satu-satunya pengemudi wanita di ekspedisi kali ini. ditemani suamainya Allan menggunakan Jeep JK 5 Pintu.

Hari minggu, 6 Desember peserta Equator Expedition memulai start dari Pontianak (Kalbar) menuju Bontang (Kaltim) tolong dicatat bahwa perjalanan yang berjarak sekitar 2500KM ini hanya melewati jalanan aspal sepanjang 200 kilometer, sisanya?? Jalan tanah, nyebrang sungai dan menembus hutan..

Tahun 1996 Camel Trophy pun pernah melintasi rute yang sama, tapi sayangnya ngga ada stau peserta pun yang berhasil lolos sampai finish.. semua kendaraan diangkut dengan menggunakan helicopter!! Mudah-mudahan kali ini semua peserta ekspedisi yang diprakarsai Cheetah dan IOF ini dapat menyelesaikan seluruh trek.

Acungan jempol pantas diberikan kepada tim survey (pembuka jalur) yang diantaranya adalah Offroader senior Syamsir Alam dan Yuma Wiranatakesuma. Selama 38 hari mereka beserta beberapa orang crew menyusuri garis equator untuk memastikan bahwa jalur nya dapat dilewati peserta walaupun harus memakai segala cara dan kreatifitas..hehehe.. lihat aja gambar dibawah ini, tim survey memakai 2 perahu yang digabungkan untuk membantu mereka nyebrang sungai!!

Bukan cuma itu, kontur tanah dengan kemiringan 80 derajat sepanjang 30 meter pun merupakan salah satu tantangan yang berat. Whincing udah jadi satu keharusan.

Di hutan pun masih ditemui beberapa jenis binatang langka dan buas.. menurut cerita Yuma, suatu hari mereka menemukan pohon dengan bekas – bekas cakaran, dan ngga ada yg bisa nebak binatang apa.. akhirnya salah satu crew bertanya sama seorang warga suku Dayak yang ikut dampingin tim survey dan jawabannya? “iya.. itu bekas cakaran –cakaran beruang” what?!?! langsung mereka pada ngacir menjauh..hmm.. semoga cuma hasil cakarannya aja yang mereka temuin.

Lihat Foto – foto dibawah ini, siapapun yang ikut jadi bagian ekspedisi ini pasti dapat pengalaman yang ngga bisa dinilai harganya. Untuk laporan perjalanan Borneo Equator Expedition selengkapnya harap bersabar 25 hari lagi yaa, sampai mereka tiba di Balikpapan dan balik ke Jakarta.

DIKUTIP DARI www.djarum-super.com

Tidak ada komentar: