Senin, 15 Desember 2008

PERJALANANKU

Dalam perjalanan meliput Bojonegoro Fun Off Road 4x4 2008 yang memakan waktu sehari penuh, malam sebelumnya saya sudah mempersiapkan berbagai keperluan. Antara lain kamera, hand phone (dengan baterai penuh), topi, jas hujan, payung, sarung dan baju ganti. Tapi akhirnya tas yang berisi jas hujan, payung, sarung dan baju ganti tidak saya bawa, males karena tidak membawa mobil sendiri.

Tapi akhirnya saya menyesal, karena tas itu tidak saya bawa. Ternyata di lokasi hujan terus sehingga celana dan kaos kena lumpur dan kotoran sapi (tletong) yang berserakan terlindas ban mobil sampai menempel di body. Maklum didaerah terpencil banyak petani yang beternak sapi. Demikian juga kang Yoto (Bupati Bojonegoro) yang satu mobil dengan souvenirjati, kaosnya juga penuh lumpur, cipratan dari ban mobil yang menjorok keluar.

Setelah mengantarkan Bupati di tempat mobil penjemput dari Pemda, separo menempuh perjalanan off road. Kami kembali menuju ke pos 1 pada jam 12.30, sudah tiba waktunya sholat dhuhur. Bagaimana ya caranya sholat karena pakaian kotor semua, ini yang jadi masalah. Udah saya anggap darurat, saya numpamg sholat dirumah penduduk. Ternyata setelah mengambil air wudhu sudah disiapkan sajadah, sarung dan kopiah oleh tuan rumah. Alhamdulillah, Allah SWT telah memecahkan masalahku.

Satu rumah dengan kambing

Tenyata rumah yang saya singgahi itu selain untuk tempat tinggal juga digunakan sebagai kandang kambing (satu atap), dengan dinding dari bambu dan kulit pohon jati. Lantai tanah, satu kamar tidur, ruang tamu dan dapur campur kandang kambing. Untuk tempat mandi menggunakan jambangan disamping rumah. Tempat wudhu sudah memenuhi syarat, menggunakan padasan (gentong yang ada pancurannya), sehingga kesucian terjaga. Untuk kondisi rumah lihat foto dengan keterangan : 1. Kandang kambing, 2. Cadangan pakan kambing, 3. Tempat sholat, 4. Radio Telesonic (seperti koleksiku).

Terima kasih, bapak telah sangat tulus menolong saya, menyediakan tempat sholat.

MUNGKIN ADA PENGUNJUNG YANG KELEBIHAN REJEKI, INGIN MEMBANTU BAPAK INI. HUBUNGI souvenirjati 081553 888 180.

Tidak ada komentar: