Minggu, 23 November 2008

SELEKSI CALON PEGAWAI KPPN PERCONTOHAN TAHAP VI

Tanggal 22 Nopember 2008 Direktorat Jenderal Perbendaharaan Departemen Keuangan RI menyelenggarakan seleksi calon pegawai Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Percontohan tahap VI. Seleksi ini dilaksanakan serentak di lima Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan, antara lain Kanwil Medan, Bandung, Semarang, Surabaya dan Makassar.

Untuk Kanwil Surabaya, seleksi dilaksanakan di Garden Palace Hotel yang diikuti sekitar 300 peserta dari KPPN Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Malang, Jember, Bondowoso, Banyuwangi, Blitar, Kediri, Madiun, Pacitan, Tuban dan Bojonegoro (14 peserta, penulis nomor 3 dari kiri).

Materi yang diujikan adalah :

1. Soft Kopetensi, yang diselenggarakan oleh PT. ANEKA SEARCH INDONESIA (ASI) JAKARTA 12920. Yaitu pertanyaan sekitar kepribadian peserta.

2. Hard Kopetensi, yang dibagi menjadi dua yaitu Kuasa Bendahara Umum dan Informasi Teknologi (IT). Yaitu pertanyaan untuk mengetahui seberapa jauh peserta menguasai fungsi / tugas KPPN sehari-hari dan pengetahuan pegawai tentang hardware dan software komputer.

“Tujuan dari seleksi ini adalah sebagai upaya perubahan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat”. Kata sambutan penyelenggara.

Selain mengikuti seleksi para peserta memanfaatkan kesempatan ini untuk reuni tiap angkatan masing-masing. Yaitu temu kangen angkatan 85, Program Diploma, dan STAN, sehingga terbentuk kelompok-kelompok sendiri. Perlu diketahui sebagian besar peserta adalah dari golongan II karena khusus golongan III telah diselenggarakan beberapa waktu yang lalu di KPPN Madiun.

Tidak ada komentar: