Kamis, 30 Oktober 2008

IDUL ADHA 1429 H SUDAH DEKAT

Idul Fitri 1429 H telah berlalu dan sebentar lagi kita kedatangan hari raya kurban yaitu Idul Adha 1429 H (10 Dzulhijah 1429 H) atau 08 Desember 2008 hari Senin. Pada setiap menjelang ramadhan dan idul fitri kita sibuk mempersiapkan segala keperluan, dan mengingat-ingat uang apa dan dari mana yang akan digunakan memenuhi keperluan tersebut. Mulai kebutuhan pangan, sandang, zakat, biaya mudik, oleh-oleh, bagi-bagi uang ke sanak keluarga dll. Setelah idul fitri berlalu tentunya segala kebutuhan sudah terpenuhi.

Sebagai pengguna/pengunjung internet, kita tentu sudah biasa mengkonsumsi daging dan mungkin sudah tidak tertarik dengan menu makanan dari daging atau mungkin juga diet/anti daging. Tapi sebagian dari lingkungan kita (tetangga desa/kecamatan) jarang sekali makan daging. Mereka tidak mampu membeli daging (maaf). Padahal daging itu perlu dikonsumsi sebagai kebutuhan tubuh.

Dan apakah kita sudah mulai mempersiapkan atau menyediakan dana untuk membeli hewan kurban ? Bulan Dzulhijah (Desember) sudah dekat, ayo kita meneladani kisah teladan nabi Ibrahim a.s. bersama putranya nabi Ismail a.s. dengan memotong hewan kurban (kambing atau sapi).

Agar hewan kurban bisa sampai ke yang berhak / sasaran maka salurkanlah pada lembaga-lembaga sosial yang telah ada. Misalnya LMI (Lembaga Manajemen Infaq) www.lmi-amilzakat.com atau BMH (Baitul Mal Hidayatullah) www.bmh.or.id dan lain-lain. Oleh lembaga-lembaga itu hewan kurban disalurkan ke daerah-daerah terpencil yang memang betul-betul membutuhkan. Kalau berkurban di kota biasanya sudah tidak tepat sasaran, penulis hampir tiap tahun dapat kiriman daging kurban (padahal penulis tidak berhak menerima)

Semoga bermanfaat untuk penulis dan pengunjung.

Tidak ada komentar: