Senin, 03 Agustus 2009

MALAM NISFU SYA’BAN 2009

MALAM NISFU SYA’BAN 2009 INSYA ALLAH JATUH PADA TANGGAL 05 AGUSTUS. SEBAIKNYA KITA SAMBUT DENGAN PUASA TIGA HARI, MULAI TANGGAL 03,04 DAN 05 AGUSTUS 2009.

NISFU SYA’BAN DARI BERBAGAI SUMBER :

Menurut riwayat Abi Darda Radiallahu Anhu, sepanjang tahun terdapat lima keutamaan yang cukup istimewa di sisi Allah SWT, yakni malam Jumat, malam Idul Fitri, malam Idul Adha, malam pertama bulan Rajab dan malam nisfu (pertengahan) bulan Sya`ban.

Dikatakan, Rasulullah Muhammad SAW dalam sabdanya kepada istrinya Aisyah ra, menerangkan keutamaan malam nisfu Sya`ban, yang merupakan malam mustajabah (dikabulkan oleh Allah SWT).

Oleh sebab itu, ia mengajak kaum muslim untuk meminta ampun dan bertobat kepada Allah SWT pada malam itu, antara lain dengan banyak-banyak membaca istighfar serta lebih banyak lagi melakukan ibadah.

"Sebagaimana hadits Rasulullah SAW, pada malam nisfu Sa`ban itu, Allah SWT melihat dan mendekati hamba-hamba Nya yang rajin serta banyak melakukan ibadah, karenanya pula segala pinta dan permohonan
dimungkinkan untuk dikabulkan Allah SWT," tuturnya.

"Dalam kehidupan Rasulullah, baginda Muhammad SAW rajin melaksanakan puasa pada hari-hari menjelang pertengahan bulan hijriyah yaitu tanggal 13, 14 dan 15 berturut-turut,

Oleh karena itu tidak ada salahnya kalau kaum muslim melaksanakan puasa pada bulan Sa`ban bukan hanya tanggal 15 atau pertengahannya saja, tetapi dilakukan sejak awal yaitu mulai tanggal 13 selama tiga hari berturut-turut.

Pas tanggal 15 malam sebelum membaca surat Yasin tiga kali, berdoa meminta ampunan Allah SWT, agar dihapuskan segala dosa yang telah kita perbuat, kemudian berdoa agar dipanjangkan umur, dimurahkan rezeki dan diberi keselamatan dunia akhirat.

Tidak ada komentar: